Thursday, September 19, 2024

Latest Posts

Basboi gandeng Andien di single “Pesona”

Kaset.idBaskara Rizqullah, atau yang lebih sering dikenal dengan nama panggungnya Basboi merilis single berjudul “Pesona” pada akhir Mei 2024 lalu. Tidak tanggung – tanggung, musisi Hip-Hop RnB asal Medan yang memulai karirnya di Bandung dan pernah merilis EP debutnya yang berjudul “Fresh Graduate” pada bulan Maret 2019 ini menggandeng salah satu ikon pop Indonesian yaitu Andien.

Single “Pesona” bercerita tentang kekaguman Basboi terhadap pesona wanita-wanita mandiri yang ia kerap temui di kota besar. Wanita yang punya visi dan misi nya sendiri, menolak untuk menjadi objek, dan tidak takut untuk berdiri diatas kakinya sendiri, walaupun sudah menjadi rahasia umum bahwa dunia dan caranya “berputar” masih belum adil untuk wanita diluar sana. Secara penulisan, tidak ada makna yang muluk-muluk dari Basboi selain merayakan dan mengapresiasi wanita-wanita mandiri ini.

Estetika musik urban pada tahun 2000an awal di Indonesia menjadi titik fokus dalam penggarapan lagu “Pesona” ini. Pertama-tama, Basboi menggandeng Kareem Soenharjo (BAP.) di meja produksi untuk meramu musik, dengan harapan untuk menghidupkan rasa nostalgia pada era tersebut – namun tetap menghembuskan ruh modernitas dan warna hip-hop yang khas untuk Basboi bermain. Setelah itu, Basboi menggaet Andien sebagai salah satu ikon pop Indonesia yang juga merupakan manifestasi dari salah satu inspirasi penggarapan lagu, yakni album kedua-nya berjudul “Kinanti”. Inspirasi lainnya juga tertuang pada bagian chorus, yakni merupakan interpolasi dari single hit Andezzz berjudul “Pergi” yang populer di sekitar tahun 2007.

Single “Pesona” ini disajikan bersamaan dengan video klip yang diproduksi oleh Hura Creative Garage dan disutradarai oleh Prama Surya, yang juga menggarap video klip single Basboi sebelumnya yakni “New Cartier”. Masih menampilkan estetika visual tahun 2000an, video klip ini turut dibintangi Andien dan Aji Sabha, yang berperan sebagai announcer radio fiksi “80.1FM Boi Radio”, yang diceritakan menjadi semesta dan entitas baru dalam kampanye album Basboi selanjutnya. Andezzz turut muncul sebagai cameo, menggarisbawahi interpolasi bagian chorus yang terdapat di lagu ini.

Dikenal dengan keahliannya dalam ‘code-switching’ antara Bahasa Inggris dan Indonesia dalam liriknya, Basboi telah berkembang sebagai ‘soft-boy rapper’ tanpa harus mengikuti standar Hip-Hop / RnB yang identik dengan maskulinitas. Pada tahun 2021, Basboi merilis album pertamanya, “Adulting For Dummies”, yang berhasil meraih beberapa nominasi album terbaik. Bahkan sejak awal kariernya, Basboi sudah mampu menarik perhatian berbagai brand, sehingga ia berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam berbagai acara Converse X. Dalam acara-acara tersebut, ia beradu akting dengan musisi internasional lainnya seperti Dominic Fike, Jasper, dan Tyler, The Creator.

Tahun 2024 diproyeksikan akan menjadi tahun yang besar bagi Basboi, karena ia dikabarkan akan menggarap album penuh kedua. Dengan dunia di pundaknya, Basboi siap untuk membawa genre Hip-Hop/RnB lokal ke stratosfer baru.

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.